FeaturedTips Excel

Cara Mempercepat Perhitungan pada Excel dengan Mudah

cara mempercepat perhitungan pada Excel – Pusing karna excel kamu lemot dalam menghiung??, pengen membuat excelmu lebih cepet lagi karna dikejar deadline??. Nah kebetulan kali ini saya akan membagikan cara mempercepat perhitungan pada Excel.

Untuk mempercepat perhitungan pada Excel ada beberapa trik mudah yang bisa kamu praktekan, berikut adalah trik-trik.

Cara Mempercepat Perhitungan Pada Excel

1. Hindari Penggunaan Fungsi yang “Selalu Menghitung”

Fungsi yang selalu menghitung ??, yaa dalam Excel terdapat beberapa fungsi yang selalu menghitung meskipun kita tidak merubah data contohnya adalah fungsi NOW dan Date. Fungsi -fungsi tersebut akan terus menghitung dikarenakan dipengaruhi oleh perubahan waktu. Hal ini tentunya akan menambah berat Excel karna Excel “dipaksa” menghitung disaat yang tidak diperlukan.

2. Gunakan Excel Table dan Named Range

Selalu gunakan Excel Table atau Named Range untuk memudahkan kamu dalam memasukan reference pada rumus (misal pada rumus vlookup), hal ini juga mempercepat fungsi dalam “memanggil” dan menghitung reference (sumber data) sehingga mempercepat perhitungan excel kamu.

(baca juga : Membuat Fungsi Pada Excel Menggunakan VBA atau Makro)

3. Hindari “Cross-file reference” dan Gabungkan Reference (data sumber) Dalam Satu Sheet

menggunakan reference (data sumber ) dari file excel yang berbeda sangat menurunkan kecepatan perhitungan pada file excel kamu. Untuk mengatasinya selalu gabungkan reference pada satu Sheet untuk memudahkan pencarian data dan mempercepat perhitungan.

4. Ubah Fungsi Yang Tidak Terpakai Menjadi Value

Ada fungsi yang udah ngga kamu pakai?? jadiin Value aja. Caranya sangat mudah cukup Copy lalu Paste Value fungsi yang sudah tidak kamu pakai, hal ini tentunya mengurangi beban Excel dalam melakukan perhitungan.

5. Gunakan “Manual Calculation”

Menggunkan “manual calculation”pada excel dapat memudahkan kamu dalam mengubah data atau variabel tanpa khawatir Excel langsung menghitung ketika baru satu perubahan data dilakukan, sehingga kamu dapat melakukan perhitungan secara sekaligus ketika semua data dan variabel telah selesai diubah/ diedit.

  • untuk mengaktifkan mode manual calculation, klik Tab Formula->lalu klik menu Calculation Option -> kemudain pilih Manual. kamu dapat “memerintahkan” Excel melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan memencet tombol F9

6. Gunakan Fungsi Yang Paling Simpel dan Cepat

Menggunakan atau memilih fungsi yang paling cepat juga berpengaruh pada kecepatan Excel kamu, seperti :

  • Pergunakan IFERROR dibandingkan dengan kombinasi IF dan ISERROR
  • Gunakan MAX (B2,0) dibandingkan IF(A1>0,A1,0)
  • Gunakan kolom bantuan dibandingkan menulis rumus yang panjang dalam satu kolom

Nah gampangkan cara mempercepat perhitungan pada Excel. Kalau Excel kamu masih lemot mungkin komputer kamu yang perlu di upgrade :D.

Jangan lupa untuk share, comment dan Subscribe kalau kamu suka dengan artikel ini, atau kalau kamu lagi cari tutorial tapi belum ketemu juga masukan artikel/ tutorial yang kamu ingin kan ke menu Request Article atau bisa juga dengan menghubungi saya di menu Contact.

Tags
Close
Close