VBA Excel

Belajar VBA Excel: Cara Menggunakan Record Macro pada Microsoft Excel

Pada tutorial cara menggunakan Record Macro ini kita akan mempelajari cara merekam kegiatan yang kita kerjakan pada Microsoft Excel menjadi sebuah kode VBA Excel. Pada tutorial ini kamu akan mempelajari :

  1. Cara menggunakan Record Macro
  2. Setting tombol untuk menjalankan Macro
  3. Mempelajari tampilan jendela VBA Excel
  4. Memodifikasi kode VBA hasil Record Macro

Dengan menggunakan fasilitas Record Macro di Microsoft Excel kita dapat merekam kegiatan yang kita lakukan di Excel dan secara cepat di terjemahkan kedalam script VBA. Dengan begitu kita dapat me “running” ulang atau menjalankan ulang kegiatan atau suatu action yang kita record/rekam sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Menggunakan Record Macro VBA Excel

Pertama-tama kita harus menentukan kegiatan apa yang akan kita rekam, hal ini penting agar tidak terjadi kesalahan ketika kita me-running ulang makro yang sudah kita rekam. Dalam tutorial ini saya akan merekam kegiatan copy & paste sebuah value ke banyak cell lainya. Buka Excel kamu kemudian tuliskan “cararidho” di cell C1 kemudian tekan Enter. kita akan merekam kegiatan/action men-copy & paste “cararidho”dari cell C1 ke cell lainnya.

Untuk mulai merekam klik menu “Developer” pada menu ribbon kemudian pilih menu “Record Macro”. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti berikut:

belajar cara menggunakan record macro
Tampilan Jendela Record Macro

Pada field “Macro Name” isikan nama macro yang ingin kamu gunakan, nama macro digunakan untuk memanggil atau menjalankan macro tersebut. Pada tutorial ini nama macronya saya isi dengan “cararidhovba”, kemudian isi shortcut key nya dengan “P” atau isi sesuai dengan keinginan kamu. Shortcut Key tersebut dapat kamu gunakan untuk merunning macro yang kamu record.

Kemudian kita akan melakukan perekaman kegiatan/action yang kita lakukan di Excel. Pada contoh kali ini kita akan melakukan kegiatan/action sebagai berikut :

  1. memilih cell C1 kemudian copy isi cell tersebut (“cararidho”).
  2. memilih C5 -F10 kemudian paste ( bisa menggunakan klik kanan paste atau CTRL+V).

Setelah itu untuk menghentikan record macro, klik menu “Developer” kemudian klik “Stop Recording”. Sekarang kegiatan/action sudah direkam dan di convert menjadi VBA Code. Kamu dapat menjalankannya dengan cara membuka menu Developer -> Macros ->Pilih Macro kamu (“cararidhovba”)-> klik Run.  atau dapat juga dengan menekan tombol shortcut key sesuai dengan yang sudah kamu set.

Ketika dijalankan, macro akan secara otomatis menjalankan ulang action yang telah kita rekam tadi.

Belajar cara menggunakan record macro
Record Macro setelah di jalankan

Menambahkan Tombol

Untuk mempermudah, kita juga bisa menambahkan tombol/button untuk mentrigger suatu macro. Untuk menambahkan tombol buka menu “Developer” kemudian pada bagian “Controls” pilih menu “Insert” kemudian klik “Button”, setelah itu klik di worksheet untuk meletakan tombol tersebut.

tutorial cara menggunakan record macro

Setelah menempatkan tombol, akan muncul jendela “assign macro”. Pada jendela “assign macro” kita akan menghubungkan tombol dengan macro, pilih macro yang sudah kita rekam (“cararidhovba”) kemudain klik OK.

Belajar VBA Excel

Sekarang tombol tersebut sudah terhubung dengan macro, dan macro dapat dirunning dengan cara men-klik tombol tersebut.

Memodifikasi Record Macro

Kamu juga dapat melakukan modifikasi pada Macro dari kegiatan yang kamu rekam. Dengan memodifikasi macro ini kamu juga dapat sedikit belajar pemrograman secara otodidak. Untuk kamu yang masih bingung kamu dapat mengunjungi artikel cara belajar pemrograman secara otodidak untuk pemula .

Untuk memodifikasi macro tersebut buka VBA Editor dengan cara klik kanan pada nama Sheet kemudian klik “view code”. Setelah itu akan muncul jendela VBA Editor, Pada bagian “Project” double klik “Modules” kemudian klik nama macro kamu (“cararidhovba”).

Setelah terbuka, kamu dapat melakukan modifikasi pada script VBA dari macro tersebut. Kali ini saya akan memodifikasi cell yang akan dicopy yang sebelumnya C1 menjadi B1 dan cell tujuan tempat kita melakukan paste yang sebelumnya C5:F10 menjadi B5:C15. setelah di ubah jangan lupa untuk menuliskan value yang akan dicopy pada cell B1, pada tutorial ini saya menuliskan “Tutorial VBA” pada B1.

Kemudian jalankan macro yang sudah dimodifikasi tersebut dengan cara men-klik button/tombol.

Macro akan berjalan sesuai dengan modifikasi yang sudah kamu setting.Cara Menggunakan Record Macro ini dapat kamu gunakan untuk mengotomatisasi Excel kamu sehingga pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Jangan lupa juga untuk Like, Share, dan Subscribe jika kamu suka dengan artikel ini, karena Berbagi itu indah bukan.

Materi Sebelumnya: Pengenalan VBA Microsoft Excel untuk Pemula

Materi Selanjutnya: Cara Menulis Pemrograman VBA Excel

Close
Close