FeaturedVBA Excel

Belajar VBA Excel: Pengenalan VBA Microsoft Excel untuk Pemula

VBA Microsoft Excel (Visual Basic for Application) merupakan sebuah bahasa pemrogramman yang tersedia pada Microsoft Excel. VBA Excel dapat digunakan untuk mempercepat pekerjaan dan perhitungan pada workbook sampai membuat sebuah aplikasi.  Tampilan jendela VBA Excel sangat sederhana dan user-friendly. Selain itu, dikarenakan VBA Excel merupakan versi Visual Basic yang didesain untuk Microsoft Excel  terdapat banyak sekali bagian-bagian dari bahasa pemrogramman bawaan yang sangat membantu untuk mempercepat pekerjaan.

Kenapa Kamu Perlu Mempelajari VBA Microsoft Excel

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih kita perlu mempelajari Visual Basic for Application (VBA) Excel ini? Ada hal yang menjadi dasar kamu harus mempelajari fitur powerful yang satu ini. Untuk itu saya akan mengupasnya satu-satu.

Mempermudah Pekerjaan di Excel

Mempelajari VBA Excel sangat membantumu dalam mengolah atau menghitung suatu data yang banyak. Coba bayangkan jika kamu harus menghitung ribuan atau bahkan ratusan ribu data di Microsoft Excel secara manual. Tentunya akan sangat memakan waktu dan tenaga.

Dengan VBA Excel ini kamu bisa menghitung ribuan data tersebut secara otomatis dengan memanfaatkan fitur Looping yang bisa kamu program dengan Visual Basic fo Application (VBA) Excel.

Membuat Aplikasi Sederhana dengan Excel

Dengan memanfaatkan VBA Microsoft Excel ini kamu juga bisa membuat aplikasi sederhana berbasis Excel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Terdapat fitur form designer pada jendela VBA Excel dimana kamu dapat membuat tampilan Form untuk pengisian data atau perhitungan. Hal ini tentunya mempermudah penguna atau client dalam memahami dan menggunakan template perhitungan yang kamu buat.

Sebagai Tahap Awal Mempelajari Bahasa Pemrograman

Mempelajari VBA Microsoft Excel juga dapat dijadikan sebagai tahap awal mempelajari bahasa pemrograman lainnya yang lebih kompleks. Karena memang basic dari VBA adalah Visual Basic kepunyaan Microsoft.

Lewat Visual Basic for Application ini kamu juga bisa berlatih logika pemrograman, menyusun skema coding atau membuat sebuah aplikasi dari nol.

Pengetahuan Dasar Sebelum Belajar VBA

Secara umum pengetahuan dasar yang kamu perlu ketahui sebelum belajar VBA adalah penggunaan fitur-fitur dasar pada Microsoft Excel. Terutama untuk penggunaan fungsi-fungsi logika pada Excel seperti fungsi If dsb.

Pada tutorial selanjutnya saya juga akan mengenalkan beberapa fungsi dan fitur pada Excel yang bisa menunjang penggunaan VBA Excel lebih maksimal lagi.

Persiapan Menggunakan VBA Microsoft Excel untuk Pemula

tampilan vba microsoft excel 2013
Tampilan VBA Microsoft Excel 2013

Pertama, pastikan fasilitas VBA sudah terinstall pada Microsoft Excel kamu. Untuk Microsoft Excel versi terbaru VBA  sudah otomatis terinstall ketika kamu men-install aplikasi Microsoft Excel. Untuk memastikan apakah VBA Excel telah terinstall kamu bisa menekan kominasi tombol shortcut VBA Excel ALT-F11 . Setelah itu jika tampilan VBA Microsoft Excel terbuka berarti VBA telah terinstall.

Kemudian kamu juga perlu untuk mengubah pengaturan Macro Security menjadi serendah mungkin agar program yang kamu buat menggunakan VBA dapat berjalan. Untuk merubah pengaturan Macro Security kamu dapat mengikuti petunjuk sebagai berikut:

  1. Untuk versi Microsoft Excel 2003 : buka menu Tools – Options – Security – Macro Security , kemudian ubah ke medium security.
  2. Untuk versi Microsoft Excel 2007 atau lebih baru : pergi ke Developer – Macro Security kemudian pilih Disable all macros with notification.

Selanjutnya untuk mempercepat pekerjaan kamu dapat menampilakan Tab Menu Developer. Untuk menampilkan menu ini kamu dapat mengunjungi laman berikut: Cara Menampilkan Tab Developer di Microsoft Excel .

Untuk tutorial selanjutnya saya akan menggunakan Microsoft Excel 2013 atau yang terbaru. Tetapi secara umum untuk menu-menu pada VBA Excel dari masing-masing versi tidak jauh berbeda.

Selanjutnya: Cara Menggunakan Record Macro pada Microsoft Excel

 

Tags

Related Articles

Close
Close